Arsip Berita

ARSIP-ARSIP BERITA PENGADILAN AGAMA ARGA MAKMUR KELAS IB

Rapat Khusus Bagian Kepaniteraan

Jum’at, 19 Februari 2021, bertempat di Ruang Kerja Ketua Pengadilan Agama Arga Makmur Kelas IB mengadakan Rapat Khusus Bagian Kepaniteraan.

Rapat Khusus Kepaniteraan ini di ketua langsung oleh Ketua, Wakil Ketua dan Panitera Serta Pejabat Fungsional dan staf bagian kepaniteraan.

20210219 Rapat Khusus Kepaniteraan

Ketua Khairunnas, S,Ag.,M.H. dalam pembinaannya menekankan beberapa hal, yaitu untuk senantiasa selalu memajukan dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dan percepatan terhadap penyelesaian perkara, selanjutnya Ketua juga menyampaikan untuk selalu menjaga kesehatan dan selalu mematuhi protocol kesehatan guna untuk kebaikan kita bersama.

Rapat Umum Perdana bersama Ketua PA Arga Makmur yang Baru

Kamis, 18 Februari 2021, bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Arga Makmur mengadakan Rapat Umum perdana bersama Ketua Pengadilan Agama Arga Makmur.

Acara di hadiri oleh seluruh Hakim, Pejabat Fungsional, Pejabat Strukural, Staff serta PPNPN Pengadilan Agama Arga Makmur.

20210218 Rapat Umum Perdana Ketua Baru20210218 Rapat Umum Perdana Ketua Baru1

Rapat di buka oleh Wakil ketua Muhammad Hanafi, S.Ag yang langsung memberikan waktu dan kesempatan yang seluas-luasnya kepada Ketua PA Arga Makmur Khairunnas, S.Ag., M.H.

Dalam sambutannya Ketua Khairunnas,S,Ag.,M.H. menyampaikan perkenalan pertama beliau, selanjutnya beliau juga menyampaikan trik-trik untuk menjadikan PA Arga Makmur semakin maju dan mendapatkan prestasi yang baik kedepannya.

 

AWAL TAHUN 2021 PENGADILAN AGAMA ARGA MAKMUR MENERIMA PERKARA GUGATAN SEDERHANA

Gugatan Sederhana atau Small Claim Court adalah tata cara pemeriksaan di persidangan terhadap gugatan perdata dengan nilai gugatan materil paling banyak Rp 500 juta yang diselesaikan dengan tata cara dan pembuktiannya sederhana.

Perbedaan gugatan sederhana dengan gugatan pada umumnya adalah nilai kerugian materiil yang lebih khusus ditentukan pada gugatan sederhana, yakni maksimal Rp 500 juta. Sedangkan pada gugatan pada perkara perdata biasa, nilai kerugian materiil tidak dibatasi besarnya. Di samping itu, gugatan sederhana ini diperiksa dan diputus oleh hakim tunggal dalam lingkup kewenangan peradilan umum.

Perma No 4 tahun 2019 diterbitkan untuk menyempurnakan perma no 2 tahun 2015 yang bertujuan untuk mempercepat proses penyelesaian perkara sesuai asas peradilan sederhana, cepat, biaya ringan. Terbitnya Perma ini juga salah satu cara mengurangi volume perkara di MA dan diadopsi dari sistem peradilan small claim court yang salah satunya diterapkan di London, Inggris.

Pada hari Rabu, 20 Januari 2021, menerima Perkara Gugatan Sederhana sebanyak 15 Perkara, yang menjadikan Pengadilan Agama Arga Makmur sebagai salah satu Pengadilan Agama yang mampu menyelesaikan Perkara Gugatan Sederhana ini dengan baik dan seadil-adilnya.