Seputar Peradilan

20170829 studibanding

Ketua PN didampingi Hakim dan Panitera dan pejabat lain menerima kehadiran tim PA Arma

Berburu ke padang datar, dapat rusa belang kaki,Berguru kepalang ajar, bagai bunga kembang tak jadi. Artinya:Jika melakukan sesuatu tidak boleh tanggung-tanggung/setengah-setengah. Pribahasa di atas, kiranya relevan terhadap semangat PA Arga Makmur dalam mengimplementasikan Akreditasi Sistem Managemen Mutu sekarang ini. Sejak dideklarasikannya Akreditasi Sistem Managemen Mutu beberapa waktu lalu di PA Lebong, PA Arga Makmur terus bergerak cepat termasuk melakukan studi banding ke PN Arga Makmur yang terlebih dahulu menerapkan sistem tersebut.

Setelah terbentuknya tim Akreditasi PA Arma sesuai SK Wakil Ketua Nomor:W7-A3/1304/OT.01.3/8/2017, tanggal 29 Agustus 2017, atas gagasan wakil ketua, tim bergerak ke PN Arga Makmur melakukan studi banding pada hari Rabu tanggal 30 Agustus 2017. Tim yang terdiri dari Wakil Ketua selaku Penanggung jawab, Ketua Tim, Sekretaris Tim, Penanggung Jawab bidang dan Assesor disambut langsung oleh Ketua PN dan jajarannya.

Bertempat di ruang pertemuan PN, Ketua PN bapak Alex Adam Faisal, SH yang didampingi Hakim-hakim dan Panitera serta pejabat lain secara terbuka dan cukup bersahabat memberikan pemaparan secara garis besar tentang implementasi Akreditasi Penjamin Mutu. Narasumber dalam pertemuan tersebut selain dari Ketua PN adalah Hakim an. Bapak Eldi Nasali, SH.,MH yang sudah cukup mumpuni memahami tentang Akreditasi. Untuk lebih memudahkan pemahaman terhadap implementasi akreditasi, disamping penjelasan secara umum narasumber juga menunjukkan beberapa contoh dokumen yang menjadi acuan.

Setelah narasumber memberikan pemaparan secara umum tentang implementasi Akreditasi, akhirnya tim Akreditasi PA diberikan beberapa dokumen sebagai contoh acuan dengan harapan bisa dijadikan bahan rujukan. Di akhir pertemuan Ketua PN menyatakan siap membantu PA kapan saja bila diperlukan, termasuk mengutus Tim Akreditasi PN untuk sosialisasi ke PA.

Studi banding ini bertujuan mencari masukan dan petunjuk yang diperlukan, disamping nanti petunjuk dan arahan dari PTA Bengkulu selaku pembina di tingkat PA sewilayah PTA. Selanjutnya Wakil Ketua PA Arma dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih yang sangat tinggi atas kerja sama dan sikap yang sangat ramah yang ditunjukan oleh PN beserta jajarannya.