Seputar Peradilan

 

PELAKSANAAN ASSESSMENT EKSTERNAL PENJAMIN MUTU

DI PENGADILAN AGAMA ARGA MAKMUR

20171018 assesment1

Selama 3 hari mulai tanggal 18 s.d 19 Oktober 2017 Pelaksanaan Assessment ekssternal akreditasi penjaminan mutu Peradilan Agama (APM) dilaksanakan di Pengadilan Agama Arga Makmur, sebagai salah satu pilot project Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu. Pelaksanaan Assessmen Internal dibuka secara resmi oleh tim Assesor Akreditasi Penjaminan Mutu di hari pertama pada tanggal 18 Oktober 2017 acara pembukaan yang diawali dengan menyanyikan lagu indonesia raya. Ini terasa sangat hikmat, dimana juga terdapat proses pengambil alihan Pengadilan Agama Arga Makmur oelh tim Assesor Eksternal selama 3 hari.

 20171018 assesment2

Dalam sambutanya Ketua Pengadilan Agama Arga Makmur menyampaikan prisestase tentang kegiatan dan upaya peningkatan mutu dan kinerjadi Pengadilan Agama Arga Makmur dan menyatakan “ siap untuk di “ Assessment ’’ dimana selama kurang lebih satu bulan Pengadilan Agama Arga Makmur telah menyiapkan pelaksanaan akreditasi penjaminan mutu, di awali dengan membentuk Tim APM. Pendiklarasian pelaksanaan APM yang di ikuti oleh seluruh aperatur Pengadilan Agama Arga Makmur sebagai bentuk komitmen aparatur Pengadilan Agama Arga Makmur, dalam melaksanakan APM dan pemenuhan dokumen-dokumen yang berdasarkan standar akreditasi serta pemenuhan sarana dan prasaranan pendukung.

 20171018 assesment3

Dalam pelaksanaan assessment eksternal , tim yang terdiri dari empat orang sebagai berikut Drs. H. Sudarmadi, S.H., memimpin assessment di bagian Administrasi manajemen sedangkan assessmen dibagian Administrasi Kesekretariatan di lakukan oleh Willcovin Alwintara Damanik, S.Kom., serta Drs. H. Misbahul Munir, S.H., M.H. dan Anasrullah, S.H., M.H., di bagian Administrasi Kepaniteraan. Assessment hari pertama terfokus pada pemeriksaan Dokumen-dokumen berdasarkan standar akreditasi ini, dibantu oleh tim APM Pengadilan Agama Arga Makmur.

 20171018 assesment4

Hari kedua, agenda pelaksanaan Assessment Eksternal adalah telusur sistem penyelenggaraan Akreditasi penjamin mutu Peradilan Agama bagian kepaniteraan , kesekretariatan dan seluruh ruangan, cekk meninjau sejauh mana implementasi  Pelaksanaan Akreditasi penjamin mutu Peradilan Agama di Pengadilan Agama Arga Makmur dan dihari terakhir dilaksanakan wawancara Pimpinan dan di lanjutkan dengan penutupan Assessmen Eksternal.

Dalam acara penutupan Drs. H. Sudarmadi, S.H.,  menyampaikan yang di peroleh selama Assessment baik yang positif maupun yang belum sesuai dengan standar dan memberi garis besar rekomendasi yang perlu di tindaklanjuti oleh Pengadilan Agama Arga Makmur. Sebelum mengakhiri beliau dalam sambutannya menyerahkan kembali kepada Ketua Pengadilan Agama Arga Makmur dan menutup secara resmi pelaksanaan Assessment Eksternal di Pengadilan Agama Arga Makmur.