Seputar Peradilan

Apel Pagi di Pengadilan Agama Arga Makmur

20180806 Apel1

Terdengar suara bel di kantor Pengadilan Agama Arga Makmur, hal tersebut menunjukkan bahwa apel pagi 6 Agustus 2018 akan segera dimulai. Apel tetap dilaksanakan meskipun pagi itu langit diselimuti awan mendung. Bapak Ramdan bertindak sebagai pembina apel dan dihadiri oleh Wakil Ketua PA Arga Makmur Bapak Ahmad Sayuti dan beberapa Hakim lainnya. Apel pagi diikuti seluruh pegawai PA Arga Makmur, mulai dari pejabat fungsional, pejabat struktural, staf hingga honorer PA Arga Makmur.

pel pagi merupakan salah satu upaya penegakan disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) khususnya para pegawai di lingkungan Pengadilan Agama Arga Makmur. Apel pagi dilaksanakan secara sederhana dan mengutamakan kedisiplinan kerja para pegawai. Disamping itu, apel pagi merupakan langkah yang baik untuk dilaksanakan karena banyak manfaat yang bisa diperoleh bersama. Selain pembiasaan disiplin kerja pegawai, juga dapat meningkatkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan. Saling ingat mengingatkan dan saling bertemu antar pegawai sebelum memulai aktivitasnya masing-masing.

20180806 Apel2

Pembina apel dalam hal ini Bapak Ramdan berpesan agar semua pegawai PA Arga Makmur selalu disiplin. “Sebagai pegawai, tentunya kita semua sudah tahu apa itu disiplin, hanya saja kita sebagai manusia terkadang lupa apa itu disiplin”, ujar beliau. Alangkah baiknya koreksi disiplin dimulai dari diri sendiri, jika koreksi disiplin dilakukan oleh orang lain, dikhawatirkan yang bersangkutan akan tersinggung. Apabila sudah disiplin diri, maka akan berdampak kepada disiplin kantor. Kedisiplinan kantor meliputi disiplin kerja dan disiplin tanggungjawab. Disiplin kerja merupakan kepatuhan pegawai terhadap seluruh tata tertib dan aturan yang ada di kantor. Sedangkan disiplin tanggungjawab adalah kesanggupan melaksanakan pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya sebagai pegawai, dengan kata lain tanggungjawab terhadap pekerjaan.

Menerapkan kedisiplinan dalam kantor adalah wujud dari pengamalan visi dan misi PA Arga Makmur yaitu dalam rangka peningkatan pelayanan prima terhadap masyarakat. “Ada 3T yang menjadi faktor keberhasilan kantor atau perusahaan, total, tuntas dan tanggungjawab” imbuh pembina apel. Total dalam melaksanakan tugas, tuntas dalam mengerjakan pekerjaan dan tanggungjawab terhadap pekerjaan.

20180806 Apel4

Sebelum apel ditutup, untuk memulai pekerjaan hari ini pembina apel mengajak seluruh peserta apel untuk bersama-sama membaca Basmalah, kemudian bersalam-salaman dan kembali ke ruangan masing-masing. Selesai apel pagi pagar halaman kantor PA Arga Makmur dibuka dan sudah terlihat beberapa pencari keadilan yang mengantri karena selama apel ditutup dan dijaga satpam agar tidak mengganggu jalanya apel.