Seputar Peradilan

Pengadilan Agama Arga Makmur Menggelar Rapat Umum di Awal Agustus

20180807 Rapat Umum1

Pengadilan Agama Arga Makmur mengadakan rapat umum bulanan pada tanggal 7 Agustus 2018 di ruang sidang utama. Rapat ini dipimpin oleh Bapak Muslim selaku Ketua PA Arga Makmur yang diikuti oleh Wakil Ketua, Hakim, Sekretaris, seluruh Pejabat Struktural dan Fungsional, Staf serta Honorer bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Arga Makmur.

Rapat dimulai pada pukul 14.00 WIB dan dibuka oleh Sekretaris PA Arga Makmur selaku moderator yang selanjutnya diserahkan kepada Ketua PA Arga Makmur untuk memimpin jalannya rapat. Rapat kali ini membahas beberapa agenda yang harus segera dituntaskan. Pimpinan rapat Bapak Muslim menyampaikan bahwa rapat kali ini akan membahas beberapa agenda, diantaranya mengenai progress report (laporan perkembangan) revisi SAPM, persiapan kunjungan KPTA Bengkulu ke PA Arga Makmur, pembuatan video PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu), sosialisasi CPAR (Corrective, Preventive, Actoin and Request), persiapan surveillance dan persiapan penyembelihan hewan Qurban. Ketua PA Arga Makmur menyampaikan bahwa pada Rabu 8 Agustus 2018 Ketua PTA Bengkulu akan melakukan kunjungan ke PA Arga Makmur. Selain untuk silaturrahim dengan seluruh pegawai di lingkungan PA Arga Makmur, Ketua PTA Bengkulu juga akan memberikan pembinaan dan penyerapan aspirasi dari daerah khususnya PA Arga Makmur. Selanjutnya mengenai pembuatan video PTSP, bahwa PA Arga Makmur ditunjuk mewakili satker-satker PA sewilayah provinsi Bengkulu untuk mengikuti lomba penerapan PTSP di lingkungan Peradilan Agama. Untuk itu, mau tidak mau PA Arga Makmur harus mempersiapkan itu semua, karena itu merupakan sebuah kehormatan bagi PA Arga Makmur.

20180807 Rapat Umum2

Selanjutnya Sekretaris PA Arga Makmur Bapak Pauzi menambahkan, saat ini belum ada Juklak (Petunjuk Pelaksanaan) PTSP dari Badilag, maka dari itu pelaksanaan PTSP di PA Arga Makmur berpedoman pada juklak PTSP dari Badilum. “Sambil menunggu juklak dari Badilag, kita pakai juklak dari Badilum”, imbuhnya. Selanjutnya beliau menyampaikan, untuk merealisasikan program e-court maka bank pengelola uang perkara harus diganti pada Bank BUMN.

Waka PA Arga Makmur Bapak Ahmad Sayuti selaku ketua SAPM menyampaikan, semua unsur pegawai PA Arga Makmur harus siap mental agar tidak stres karena begitu banyaknya beban kerja yang harus diselesaikan. Untuk menghadapi itu, kita semua harus bekerja secara cepat dan tuntas, agar kalau ada pekerjaan yang baru datang, pekerjaan lama tidak terbengkalai, dengan kata lain pekerjaan tidak menumpuk.

Terkait CPAR (Corrective, Preventive, Actoin and Request), ketua SAPM menyampaikan bahwa CPAR adalah instrumen untuk mengoreksi apabila ditemukan ketidaksesuaian dengan sistem SAPM. Hal itu dikarenakan pelaksanaan SAPM tidak selamanya bisa berjalan mulus tanpa adanya kendala. Ketika ada kendala/temuan yang mengganggu jalannya sistem SAPM, maka digunakan CPAR untuk mengoreksinya. Dengan adanya instrumen CPAR ini, diharapkan sistem SAPM bisa berjalan dengan baik tanpa ada kendala sesuai yang diharapkan. Yang terakhir waka PA Arga Makmur menyampaikan, revisi SAPM sesuai pedoman buku yang terbaru harus selesai akhir Agustus, mengingat assessment internal dilaksanakan pada 6-7 September dan surveillance pada bulan November 2018.

Adzan Ashar sudah berkumandang menunjukkan rapat sudah 2 jam berjalan. Akhirnya rapat telah menghasilkan beberapa kesepakatan untuk segera ditindaklanjuti. Diantara kesepakatan itu adalah segera menyelesaikan revisi SAPM sesuai dengan Buku Pedoman SAPM terbaru paling lambat akhir Agustus, segera mempersiapkan segala sesuatu untuk kedatangan Ketua PTA Bengkulu, segera mempersiapkan pembuatan video PTSP, segera menerapkan sistem CPAR terhadap temuan ketidaksesuaian dengan sistem SAPM, surveillance dilaksanakan pada bulan November 2018 dan telah dibentuknya panitia penyembelihan hewan kurban.

Setelah semua agenda rapat disampaikan kemudian rapat ditutup. Semoga setelah adanya rapat ini, semua agenda rapat yang telah disepakati berjalan dengan lancar dan tepat waktu. Selain itu diharapkan agar semua pegawai PA Arga Makmur selalu bekerja secara cepat dan tuntas, karena kerja cepat dan tuntas adalah bagian dari disiplin.