Seputar Peradilan

Pengadilan Agama Arga Makmur Menggelar Rapat Umum di Akhir Agustus

20180831 Rapat Umum1

Pengadilan Agama Arga Makmur mengadakan rapat umum pada tanggal 31 Agustus 2018 di ruang sidang utama. Rapat ini dipimpin oleh Bapak Muslim selaku Ketua PA Arga Makmur yang diikuti oleh Wakil Ketua, para Hakim, Sekretaris, seluruh Pejabat Struktural dan Fungsional, Staf serta Honorer.

Rapat dimulai pada pukul 13.30 WIB dan dibuka oleh Sekretaris PA Arga Makmur selaku moderator yang selanjutnya diserahkan kepada Ketua PA Arga Makmur untuk memimpin jalannya rapat. Rapat kali ini membahas beberapa agenda yang harus segera dituntaskan. Pimpinan rapat Bapak Muslim menyampaikan bahwa rapat kali ini akan membahas beberapa agenda, diantaranya mengenai progress report (laporan perkembangan) revisi SAPM, meningkatkan koordinasi antar unit, khususnya kesekretariatan dengan kepaniteraan, pembuatan video PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dan pembubaran panitia penyembelihan hewan kurban. Ketua PA Arga Makmur dalam arahannya menyampaikan bahwa semua pegawai di lingkungan PA Arga Makmur dalam melaksanakan tugas harus tertib administrasi dan tertib kerja. Hal ini merupakan perwujudan dari misi Pengadilan Agama Arga Makmur yaitu “melaksanakan tertib administrasi dan manajemen peradilan yang berbasis Teknologi Informasi”. Menindaklanjuti surat edaran dari Sekretaris Mahkamah Agung tentang nomor 1132/SEK/KS.00/08/2018 tanggal 23 Agustus 2018 tentang Implementasi Tugas dan Fungsi Kesekretariatan Sebagai Unit Pemberian Dukungan Terhadap Pelaksanaan Tugas Pokok Lembaga Peradilan, Ketua PA Arga Makmur berpesan agar semua elemen PA Arga Makmur lebih meningkatkan koordinasi dan kerjasama dalam melaksanakan tugas dan fungsi. “Apapun yang dikerjakan outputnya harus menjadi produk lembaga/institusi, bukan produk unit”, imbuh beliau. Selanjutnya Ketua PA Arga Makmur menghimbau agar kedepannya PA Arga Makmur menerapkan program PTSP, membuat video profil pengadilan, penerapan e-court, one day one minute, one day publis. “Step by step harus dikerjakan, karena tidak ada pekerjaan yang sulit kalau dikerjakan bersama-sama”, tambah beliau.

20180831 Rapat Umum2

Waka PA Arga Makmur Bapak Ahmad Sayuti selaku ketua SAPM menyampaikan, revisi  SAPM harus segera selesai mengingat surveillance rencananya akan dilaksanakan pada November 2018. Pada rapat kali ini beliau meminta kepada masing-masing Penanggungjawab (Pj) untuk melaporkan perkembangan revisi SAPM. Dilaporkan Pj. Manajemen telah menyelesaikan beberapa dokumen revisi SAPM, yang belum meliputi lampiran-lampiran rapat, tanda tangan dan survey. Pj. Kesekretariatan sudah hampir selesai merevisi SAPM, hanya saja ada sarpras yang belum seperti ruang kaukus yang belum tersedia. Sedangkan Pj. Kepaniteraan masih ada beberapa lampiran SOP dan SK yang masih dalam proses pengerjaan. Terkait koordinasi dan kerjasama antar pegawai PA Arga Makmur beliau menghimbau agar semakin ditingkatkan agar bisa melayani para pencari keadilan dengan prima hal ini sebagai perwujudan misi PA Arga Makmur. Selanjutnya mengenai pembuatan video PTSP, beliau menghimbau agar tim PTSP segera menyelesaikan pembuatan video PTSP. Hal ini mengingat waktu yang tersedia semakin sedikit karena penilaian video PTSP akan dilaksanakan pada gelaran PTWP tingkat Nasional di Bali pada pertengahan September ini.

Mengenai pembubaran panitia penyembelihan hewan kurban, bapak Ramdan selaku Ketua panitia melaporkan penyembelihan hewan kurban berjalan dengan lancar. Dalam pelaksanaannya PA Arga Makmur memotong 2 ekor sapi dan masing-masing sapi beratnya sekitar 80 kg. Dari 2 ekor sapi didapatkan 135 bungkus daging dan kesemuanya telah didistribusikan kepada yang berhak, diantaranya peserta kurban, pegawai PA Arga Makmur, pensiunan pegawai PA Arga Makmur dan tetangga sekitar kantor PA Arga Makmur.

20180831 Rapat Umum3

Waktu sudah menunjukkan pukul 16.00 WIB menunjukkan rapat sudah berjalan lebih dari dua jam. Akhirnya rapat telah menghasilkan beberapa kesepakatan untuk segera ditindaklanjuti. Diantara kesepakatan itu adalah secepatnya menyelesaikan revisi SAPM sesuai dengan Buku Pedoman SAPM terbaru, pembuatan semua Surat Keputusan (SK) baik SK Kesekretariatan maupun SK Kepaniteraan adanya di Sub Bagian Kepegawaian, segera mempersiapkan segala sesuatu untuk menyelesaikan pembuatan video PTSP dan sisa uang iuran pembelian hewan kurban dikembalikan kepada masing-masing peserta kurban.

Setelah semua agenda rapat disampaikan kemudian rapat ditutup. Semoga setelah adanya rapat ini, semua agenda rapat yang telah disepakati berjalan dengan lancar dan tepat waktu. Selain itu diharapkan agar semua pegawai PA Arga Makmur selalu bekerja secara cepat dan tuntas, karena kerja cepat dan tuntas adalah bagian dari disiplin.