Seputar Peradilan

Apel Pagi di Awal Bulan September

20180903 Apel Pagi1

Senin pagi 3 September 2018 pegawai Pengadilan Agama Arga Makmur sudah bersiap-siap di halaman kantor. Hal ini berkenaan dengan pelaksanaan apel setiap Senin pagi. Tepat pukul 08.00 WIB apel dimulai. Waka PA Arga Makmur Bapak Ahmad Sayuti bertindak sebagai pembina apel. Turut hadir dalam apel Ketua PA Arga Makmur Bapak Muslim, Waka PA Arga Makmur Bapak Ahmad Sayuti dan beberapa hakim lainnya. Apel pagi diikuti seluruh pegawai PA Arga Makmur, mulai dari pejabat fungsional, pejabat struktural, staf, honorer PA Arga Makmur hingga siswa-siswi magang.

Apel pagi merupakan salah satu upaya penegakan disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) khususnya para pegawai di lingkungan Pengadilan Agama Arga Makmur. Apel pagi dilaksanakan secara sederhana dan mengutamakan kedisiplinan kerja para pegawai. Disamping itu, apel pagi merupakan langkah yang baik untuk dilaksanakan karena banyak manfaat yang bisa diperoleh bersama. Selain pembiasaan disiplin kerja pegawai, juga dapat meningkatkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan. Saling ingat mengingatkan dan saling bertemu antar pegawai sebelum memulai aktivitasnya masing-masing.

20180903 Apel Pagi2

Pembina apel sekaligus pembina kedisiplinan pegawai berpesan agar semua pegawai PA Arga Makmur senantiasa menerapkan disiplin, baik disipllin dalam bekerja maupun disiplin dalam mengemban tanggungjawab. Menerapkan kedisiplinan dalam kantor adalah wujud dari pengamalan visi dan misi PA Arga Makmur yaitu dalam rangka peningkatan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Selanjutnya beliau berpesan kepada pegawai PA Arga Makmur agar melaksanakan tugas/pekerjaan tepat waktu, tidak menunda-nunda pekerjaan. Apabila menunda pekerjaan, maka pekerjaan semakin menumpuk. “Pekerjaan itu ibarat air yang mengalir terus, karena setiap ada perkara yang didaftarkan maka semakin bertambah pekerjaan itu”, imbuh beliau. Sudah sepatutnya kita bekerja dengan disiplin, tepat waktu dan penuh tanggungjawab karena antara hak dan kewajiban harus seimbang. Pengadilan Agama merupakan salah satu instansi yang pegawainya mendapatkan pengasilan besar, jadi kita harus mengimbangi itu dengan bekerja disiplin, tepat waktu dan penuh tanggungjawab.

Yang terahir beliau berpesan agar tim pembuatan video Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) segera menyelesaikan video tersebut. Hal ini beliau sampaikan karena penilaian PTSP akan dilaksanakan pada gelaran PTWP tingkat Nasional di Bali. PA Arga Makmur ditunjuk mewakili satker-satker PA sewilayah provinsi Bengkulu untuk mengikuti lomba penerapan PTSP di lingkungan Peradilan Agama.

Sebelum apel ditutup, untuk memulai pekerjaan hari ini pembina apel mengajak seluruh peserta apel untuk bersama-sama membaca Basmalah, kemudian bersalam-salaman dan kembali ke ruangan masing-masing. Selesai apel pagi pagar halaman kantor PA Arga Makmur dibuka dan sudah terlihat beberapa pencari keadilan yang mengantri karena selama apel ditutup dan dijaga satpam agar tidak mengganggu jalanya apel.