Seputar Peradilan

Rangkaian Kegiatan Hari Kedua Bimbingan Teknis Kesekretariatan Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu dan Pengadilan Agama Sewilayah

Setelah melakukan rangkaian kegiatan yang sangat bermanfaat pada hari pertama, bimbingan teknis kesekretariatan Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu dan Pengadilan Agama Sewilayah dilanjutkan dengan materi-materi lainnya di hari selasa, 09 Maret 2021 pukul 08.15 guna menambah wawasan seluruh peserta. Pada hari kedua ini, seluruh peserta langsung memasuki kelas masing-masing sesuai kepesertaan.

DSC 0431

Bimtek perencanaan dan TI diawali dengan materi RENSTRA oleh kabag Rencana dan Program Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung, Dr. H. Arifin Rijal, S.H.,M.H., Grace Maria dan Imam Purnomo, S.E., Ak. dari Badan Pengawasan Mahkamah Agung. Materi selanjutnya yaitu Indikator Kinerja Utama dan E-Sakip dengan narasumber Yusnatin, S.Sos., Kasubbag Pelaporan Biro Perencanaan Mahkamah Agung. Bersama Yusnatin, S.Sos., ikut bergabung dalam diskusi Rina Alprini, S.Pt. dan Rizqi Widi Feirdiani. Sebagai penutup rangkaian materi, narasumber Imam Purnomo, S.E.,Ak. menyampaikan materi LKjIP, serta menyempatka sesi diskusi Bersama seluruh peserta dari kelas bimtek perencanaan dan TI. Semua materi pada hari kedua ini disampaikan melalui zoom meeting.

DSC 0414

Bimbingan teknis kepegawaian hari kedua diawali dengan materi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian oleh Junpo, S.Kom dari Badan Kepegawaian Negara Regional VII Palembang melalui Zoom Meeting. Beliau menyampaikan terkait permasalahan pada SAPK disebabkan oleh beberapa faktor seperti kesalahan dalam memasukkan kode pendidikan dan belum adanya laporan/berkas usulan peningkatan pendidikan bidang INKA. Beliau juga menyebutkan mekanisme updating data yang dapat dilakukan oleh stakeholders melalui aplikasi SAPK serta bagaimana opsi-opsi integrasi data pada pengembangan SAPK Instansi. Selanjutnya, bimtek kepegawaian ini ditutup dengan materi Analisis Beban Kerja oleh narasumber Bapak Eko Nugroho S.Psi. Beliau menyampaikan terkait kegunaan Analisis Beban Kerja untuk penyempurnaan struktur organisasi dan sebagai penyusunan rencana kebutuhan riil pegawai sesuai beban kerja. Kemudian beliau memberikan petunjuk pengisian Analisis Beban Kerja.

DSC 0417

Disisi lain, kelas umum dan keuangan mendatangkan langsung narasumber ke lokasi bimtek yaitu Mahardika Harry Kusuma dan David Siregar dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), yang membahas tentang pengelolaan BMN yang meliputi pencatatan, PSP, dan penghapusan BMN. Materi selanjutnya adalah Pertanggung jawaban keuangan APBN dan laporan keuangan, yang disampaikan oleh Andri Ferindra dan Bunayya Uswahtun Hasanaht dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Bimtek kesekretariatan 2021 diakhiri pada selasa, 09 Maret 2021 pukul 17.00. Selanjutnya, diikuti acara diskusi dan evaluasi kegiatan.

 

Sumber : Website PTA Bengkulu